TESIS, ANTI TESIS, SINTESIS PADA PT SEPATU BATA TBK
1.
Latar
belakang Perusahaan
PT Sepatu Bata Tbk
adalah Perusahaan asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi
beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu
santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi
perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North
Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Profil singkat perusahaan:
· Tahun 1931, didirikan
di Indonesian sebagai importer sepatu
· Tahun 1940,
memulai produksi di pabrik Kalibata di Jakarta
· Tahun 1982, tercatat di
Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia) pada tangga 24 Maret
· Tahun 1994,
menyelesaikan pembangunan pabrik Purwakarta
· Tahun 2004,
memperoleh lisensi untuk importer dan distributor umum
· Tahun
2008, menjual pabrik Kalibata dan memindahkan kegiatan produksi ke
Pabrik Purwakarta
· Tahun 2008, memindahkan kantor
administrasi dan pemasaran ke Graha Bata, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
· Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar
dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia
· Tahun 2010, membuka kios berkonsep
baru dengan merek PataPata
Bata memperkuat posisinya sebagai pemipin di toko
retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat Indonesia
dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko
yang modern.
Industry alas kaki sepatu bata terbentuk dengan
pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan mengkombinasikan dengan bahan baku
material, teknologi terkini, juga pemahaman terbaru kedalam biomekanik untuk
kemudian secara berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan. Agar
tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti
perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salahsatu
yang tetap harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi
keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh
perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry
alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.
VISI
Memperkuat posisi Bata sebagai pemimpin bisnis alas
kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan
jangka panjang.
MISI
Sukses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis,
fleksible, dan mengerti kondisi pasar alas kaki sebagai bisnis utamanya.
2.
Tesis
PT Sepatu Bata Tbk
adalah Perusahaan asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi
beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up,
sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi
perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North
Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Bata memperkuat
posisinya sebagai pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki
untuk semua masyarakat Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik,
furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Industry alas kaki
sepatu bata terbentuk dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan
mengkombinasikan dengan bahan baku material, teknologi terkini, juga pemahaman
terbaru kedalam biomekanik untuk kemudian secara berkelanjutan dapat
meningkatkan kemampuan perusahaan. Agar tetap dapat bersaing di pasar global,
maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi
agar tetap dapat bersaing. Salahsatu yang tetap harus diperthankan adalah
kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar
yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang
bergerak di bidang industry alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.
3.
Anti Tesis
Menurut saya, visi
dan misi sepatu bata harus menyesuaikan kaidah visi misi yang sesuai dengan
karakter smart seperti fleksibel, tidak kaku, dapat terukur, realistis,
menarik, mudah dipahami, bersifat luhur.
4.
Sintesis
Menurut saya, visi
dan misi sepatu bata yang sekarang memang bagus, cukup percaya diri dan yakin
akan mampu memberikan gambaran tentang masa
depan perusahaan, yang tentunya memberikan semangat pada customer, stakeholder,
dan pegawai dalam pencapaiannya untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin bisnis
alas kaki di Indonesia. Akan tetapi lebih baik lagi jika visi dan misinya
menyesuaikan kaidah yang sesuai dengan karakter smart
Referensi : http://martinakurnianingsih.blogspot.com/2016/10/pt-sepatu-bata-tbk.html
https://www.muslimidealis.com/2013/09/ciri-ciri-visi-dan-misi-yang-baik.html