Selasa, 04 Desember 2018

TESIS, ANTI TESIS, SINTESIS PADA PT SEPATU BATA TBK
1.      Latar belakang Perusahaan
PT Sepatu Bata Tbk adalah Perusahaan asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Profil singkat perusahaan:
·      Tahun 1931, didirikan di Indonesian sebagai importer sepatu
·      Tahun 1940, memulai produksi di pabrik Kalibata di Jakarta
·     Tahun 1982, tercatat di Bursa Efek Jakarta ( sekarang Bursa Efek Indonesia) pada tangga 24 Maret
·      Tahun 1994, menyelesaikan pembangunan pabrik Purwakarta
·      Tahun 2004, memperoleh lisensi untuk importer dan distributor umum
·      Tahun 2008,  menjual pabrik Kalibata dan memindahkan kegiatan produksi ke Pabrik Purwakarta
·  Tahun 2008, memindahkan kantor administrasi dan pemasaran ke Graha Bata, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
·  Tahun 2009, membuka toko Bata terbesar dan menjadi unggulan di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, Indonesia
·    Tahun 2010, membuka kios berkonsep baru dengan merek PataPata
Bata memperkuat posisinya sebagai pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Industry alas kaki sepatu bata terbentuk dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan mengkombinasikan dengan bahan baku material, teknologi terkini, juga pemahaman terbaru kedalam biomekanik untuk kemudian secara berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan. Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salahsatu yang tetap harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.
VISI
Memperkuat posisi Bata sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia dan meningkatkan nilai pemegang saham dalam jangka pendek dan jangka panjang.
MISI
Sukses sebagai organisasi dunia yang paling dinamis, fleksible, dan mengerti kondisi pasar alas kaki sebagai bisnis utamanya.

2.      Tesis
PT Sepatu Bata Tbk adalah Perusahaan asosiasi dari Bata Shoes Organization. Perusahaan memproduksi beragam alas kaki meliputi sepatu kulit dan sandal, sepatu kanvas buit-up, sepatu santai, sepatu olahraga, dan sandal injection moulded. Merek berlisensi perusahaan, yang menyertai merek utama kami diantaranya terdiri dari North Star, Power, Bubblegummers, Marie-Claire dan Weinbrenner.
Bata memperkuat posisinya sebagai pemipin di toko retail yang menyediakan produk alas kaki untuk semua masyarakat Indonesia dengan penampilan gerai yang lebih menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
Industry alas kaki sepatu bata terbentuk dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, dengan mengkombinasikan dengan bahan baku material, teknologi terkini, juga pemahaman terbaru kedalam biomekanik untuk kemudian secara berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan perusahaan. Agar tetap dapat bersaing di pasar global, maka semua upaya dilakukan seperti perbaikan teknologi dan efisiensi produksi agar tetap dapat bersaing. Salahsatu yang tetap harus diperthankan adalah kinerja keuangan perusahaan. Kondisi keuangan harus selalu berada dalam standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan PT Sepatu Bata adalah perusahaan yang bergerak di bidang industry alas kaki dan juga kepada standar industry sejenis.



3.      Anti Tesis
Menurut saya, visi dan misi sepatu bata harus menyesuaikan kaidah visi misi yang sesuai dengan karakter smart seperti fleksibel, tidak kaku, dapat terukur, realistis, menarik, mudah dipahami, bersifat luhur.

4.      Sintesis

Menurut saya, visi dan misi sepatu bata yang sekarang memang bagus, cukup percaya diri dan yakin akan mampu memberikan gambaran tentang masa depan perusahaan, yang tentunya memberikan semangat pada customer, stakeholder, dan pegawai dalam pencapaiannya untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin bisnis alas kaki di Indonesia. Akan tetapi lebih baik lagi jika visi dan misinya menyesuaikan kaidah yang sesuai dengan karakter smart




Referensi : http://martinakurnianingsih.blogspot.com/2016/10/pt-sepatu-bata-tbk.html
https://www.muslimidealis.com/2013/09/ciri-ciri-visi-dan-misi-yang-baik.html